Today 22 °C
Tomorrow 25 °C
Saturday 26 °C

Error message

Notice: Undefined offset: 1 in counter_get_browser() (line 70 of /home/flpialin/public_html/sites/all/modules/counter/counter.lib.inc).

Focus Group Discussion “PERBAIKAN PROSES TRANSPORTASI DALAM RANTAI PASOK SAPI POTONG UNTUK MENJAGA PRODUKTIVITAS DAN ASPEK KESEJAHTERAAN HEWAN”

Tuesday, July 25, 2017

PERBAIKAN PROSES TRANSPORTASI DALAM RANTAI PASOK SAPI POTONG UNTUK MENJAGA PRODUKTIVITAS DAN ASPEK KESEJAHTERAAN HEWAN

Pendahulan

Rantai distribusi ternak sapi di Indonesia saat ini masih sangat panjang dengan sistem transportasi yang belum tertata dengan baik khususnya untuk pengiriman sapi antar pulau, sehingga menyebabkan biaya transportasi menjadi sangat tinggi serta dapat mempengaruhi produktivitas dan kesejahteraan ternak yang ditransportasikan (animal welfare). Tantangan utama yang dihadapi adalah kekurangan fasilitas dan infrastruktur, kekurangan sumber daya manusia (SDM) terampil dalam menangangi ternak sesuai aspek kesehateraan hewan (animal welfare) serta belum adanya pedoman baku (SOP) terkait proses transportasi ternak yang baik. Dibutuhkan pemahaman bersama seluruh pemangku kepentingan (stakeholders) yang bergerak dalam industri sapi pedaging untuk mengatasi tantangan ini, sehingga rantai pasok/distribusi ternak dapat tertata dengan baik, performa ternak selama dan setelah proses transportasi tetap  terjaga, dan pada akhirnya keuntungan yang optimal dan berkelanjutan dapat diperoleh.

Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan penelitian yang komprehensif yang melibatkan stakeholders sepanjang rantai pasok. Kegiatan penelitian dapat diinisiasi dengan melakukan workshop dengan tujuan untuk mengkaji dan mengevaluasi peranan (role), kepentingan (interest) dan pengaruh (power) dari masing-masing stakeholder sepanjang rantai pasok. Hal ini dapat dilakukan dengan Analisis Stakeholders. Sedangkan untuk megevaluasi persepsi stakeholders terkait pengaruh proses transportasi ternak terhadap aspek kesrawan dan produktivitas ternak dapat dilakukan dengan melakukan Focus Group Discussion.  

Tujuan

Analisis Stakeholder selama kegiatan ini bertujuan untuk :

  1. Mengidentifikasi peranan, kepentingan dan pengaruh masing-masing stakeholders sepanjang rantai pasok sapi pedaging.
  2. Mengidentifikasi potensi konflik yang kemungkinan muncul diantara stakeholders.
  3. Mengidentifikasi Peluang dan hubungan antara stakeholders dalam penataan rantai pasok sapi pedaging
  4. Mengidentifkasi kelompok-kelompok tertentu yang harus didorong untuk berpartisipasi lebih aktif dalam rantai pasok.
  5. Mengidentifikasi  cara-cara yang lebih baik untuk meningkatkan peranan masing-masing stakeholders, serta menurunkan dan bahkan menghilangkan pengaruh negatif/merugikan dari setiap program perbaikan yang akan dilakukan.

Focus Group Discussion bertujuan untuk :

  1. Mengeksplorasi permasalahan yang muncul terkait kondisi terkini proses transportasi ternak dan pengaruhnya terhadap aspek kesrawan dan produktivitas-nya.
  2. Identifikasi dan evaluasi persepsi stakeholders terhadap pengaruh kondisi terkini proses transportasi ternak terhadap aspek kesrawan dan produktivitas-nya.

 

Waktu dan Lokasi Kegiatan

Kegiatan ini akan dilakukan pada tanggal 25 Juli 2017. Lokasi kegiatan ini adalah di Fakultas Peternakan IPB. Kegiatan ini akan dibagi menjadi dua sesi :

Sesi I        :    Pukul 09.00-12.00

Agenda    :    Analisis Stakeholders

Sesi II       :    Pukul 13.00-16.00

Agenda    :    Focus Group Discussion

 

Partner