Today 24 °C
Tomorrow 26 °C
Sunday 28 °C

Error message

Notice: Undefined offset: 1 in counter_get_browser() (line 70 of /home/flpialin/public_html/sites/all/modules/counter/counter.lib.inc).

PROFILE FLPI

Forum Logistik Peternakan Indonesia (FLPI) berdiri pada 7 Oktober 2015. Forum ini digagas oleh Fakultas Peternakan IPB yang merupakan forum non badan hukum sebagai wadah berbagi ide, menjalin kerja sama antara pendidikan tinggi, pemerintah, bisnis, dan komunitas peternak.

Unsur pemerintah yang terlibat dalam forum ini antara lain Kementerian Pertanian, Kementerian Perdagangan, Kementerian Perhubungan, dan Kementerian Koordinator Perekonomian Republik Indonesia. 

Unsur bisnis, antara lain PT. Charoen Pokphand Tbk., PT. Sierad Produce Tbk., PT. Lembu Jantan Perkasa, dan PT. Berdikari (Persero). 

Perguruan tinggi yang terlibat adalah  Institut Pertanian Bogor, Maastrich School of Management, dan Universitas Trisakti

 

Tujuan FLPI

Tujuan dari dibentuknya FLPI adalah untuk:

  1. Memperbaiki keselamatan dan keamanan (safety and security) produk peternakan yang diperdagangkan di khalayak ramai dengan fokus utama pada poultry dan livestocks.
  2. Memberikan rekomendasi kebijakan kepada pemerintah terkait aspek logistik peternakan untuk menjamin safety dan security dari produk poultry dan livestocks.
  3. Mengupayakan cara untuk menurunkan biaya atau harga jual produk poultry dan livestocks bagi konsumen.
  4. Mengkaji rantai pasok produk-produk poultry dan livestocks guna meningkatkan efektivitas dan efisiensi distribusi ke konsumen.
  5. Bertukar informasi mengenai logistik peternakan di dalam FLPI

 

Kegiatan FLPI

Bahwa untuk selanjutnya, para anggota  FLPI akan melakukan kegiatan untuk memajukan kepentingan Logistik Peternakan sesuai dengan tujuan di atas, itu akan termasuk namun tidak terbatas pada :

  • Untuk menjalin kerjasama antara para anggota FLPI, namun tidak dibatasi hanya antara para anggota, yang akan dimonitor dan didukung oleh sekretariat FLPI baik dalam proyek berskala kecil ataupun besar, baik dengan dana bantuan internasional, pemerintah maupun swasta.
  • Untuk memperluas kerjasasama FLPI pada tingkat nasional dan internasional.
  • Untuk melakukan risetterapan danakademis dengan menggunakan sarana para akademisi maupun mahasiswa program studi logistik baik dalam lingkungan IPB maupun Universitas lainnya dengan melibatkan kebutuhan pemerintah maupun kalangan bisnis.
  • Pertemuan Anggota FLPI setidaknya dua kali dalam setahun untuk membahas dan mencari solusi sehubungan dengan Logistik Peternakan di Indonesia, sesuai dengan misi dan tujuan FLPI yang ditetapkan bersama.

Partner