Today 24 °C
Tomorrow 26 °C
Sunday 28 °C

Error message

Notice: Undefined offset: 1 in counter_get_browser() (line 70 of /home/flpialin/public_html/sites/all/modules/counter/counter.lib.inc).

WORKSHOP POULTRY LOGISTICS

Workshop mengenai “POULTRY LOGISTICS” dilaksanakan pada 10-13 Januari 2017. Workshop ini disampaikan ahli unggas asal Belanda “Bertus Bronkhorst”.

Workshop tidak hanya dilaksanakan di ruang kelas, juga melakukan kunjungan ke Closed House University Farm IPB, RPH Terpadu Bubulak Bogor, dan industri pengolahan PT. Sierad Produce, Tbk Jabon Mekar, Parung, Bogor.

Peternakan Unggas perlu memperhatikan aspek budidaya, proses dan standar pemotongan hewan, serta waktu transportasi. Dalam hal budidaya unggas, salah satu hal penting yang perlu diperhatikan adalah mengontrol temperatur dan sistem ventilasi. Kontrol suhu dan sistem ventilasi yang baik akan dapat meningkatkan produktivitas ternak dan mengurangi persentase mortalitas. Pada workshop ini, Bronkhorst dan peserta pelatihan mengunjugi Closed House University Farm IPB untuk mengkaji langsung sistem ventilasi yang ada di lingkungan IPB. Sistem ventilasi pada truk pengangkut juga perlu diperhatikan agar mengurangi resiko penurunan kondisi tubuh ternak.

Proses pemotongan hewan perlu memperhatikan waktu stunning hingga plucking, yaitu kurang atau sama dengan 7 menit. Setelah itu, harus ada proses chilling dengan penurunan suhu dari 30oC menjadi 4oC.  Hal-hal yang perlu diperhatikan, antara lain bobot ternak, suhu, kelembaban, air speed, dan belt speed pada chiller. Hasil produk unggas kemudian didistribusikan ke pabrik pengolahan daging. Hal yang perlu diperhatikan dalam transport dan penyimpanan produk unggas adalah menjaga temperatur tempat penyimpanan dan colled transport, yaitu dengan suhu kurang dari -18oC.

Tahapan logistik peternakan unggas antara lain: persiapan ternak yang akan dipanen dan dipuasakan terlebih dahulu, penangkapan ternak dengan metode two by two, memperhatikan kepadatan crate, memperhatikan waktu transportasi (kurang dari 8 jam), mengontrol temperatur dan ventilasi selama perjalanan, waktu tunggu di rumah pemotongan ayam (perlu diperhatikan proteksi dari radiasi matahari dan sistem ventilasi), serta unloading dan shackling.

Kategori: 

Partner