Today 24 °C
Tomorrow 26 °C
Sunday 28 °C

Error message

Notice: Undefined offset: 1 in counter_get_browser() (line 70 of /home/flpialin/public_html/sites/all/modules/counter/counter.lib.inc).

Tim FLPI hadiri Workshop Peranan Kompetensi Bidang Logistik

Tim FLPI dan Fakultas Peternakan IPB menghadiri kegiatan Workshop Peranan Kompetensi Bidang Logistik di dalam membangun sistem distribusi & transportasi yang efektif dan efisien untuk meningkatkan daya saing logistik nasional, bertempat di Grand Tjokro Hotel-Bandung.Rabu(19/6).
Pembicara dalam kegiatan workshop ini, dua diantaranya adalah Profesional Advisory Committee(PAC) FLPI, yaitu Zaldy Ilham Masita (Presiden Asosiasi Logistik Indonesia) dan Prof Senator Nur Bahagia (Guru Besar Logistik ITB). Bagi tim FLPI kegiatan ini sangat bermanfaat untuk menambah wawasan sekaligus memperluas networking dan silaturrahmi.

Zaldy Ilham Masita sebagai praktisi di bidang logistik menjelaskan bahwa manajemen dan tenaga kerja berkontribusi sebesar 40% dalam struktur biaya logistik. Hal ini menjadi tantangan SDM logistik Indonesia untuk mencapai efektivitas dan efisiensi mengingat masih terbatasnya institusi pendidikan logistik (S1,S2 dan vokasi), terjadinya kelangkaan untuk level manajer logistik dan supply chain, perbedaan tingkat ekonomoni dan infrastruktur di berbagai daerah, IT logistik yang belum memadai.

Prof Senator memaparkan secara filosofis mengenai body of knowledge logistik sebagai acuan dalam penyusunan kurikulum pendidikan bidang logistik.”Logistik bukan hanya supply chain, distribusi dan transportasi, tetapi juga value chain”. Proses pengajaran dilakukan bertahap mengenai komponen-komponen logistik terlebih dahulu, kemudian saling diintegrasikan satu sama lain. Dalam logistik sangat diperlukan integrasi komponen-komponen dan interaksinya.(Za)

Kategori: 

Partner