Today 26 °C
Tomorrow 29 °C
Wednesday 30 °C

Error message

Notice: Undefined offset: 1 in counter_get_browser() (line 70 of /home/flpialin/public_html/sites/all/modules/counter/counter.lib.inc).

Pelatihan FLPI :Manajemen Logistik Pakan dan Kunjungan ke Pabrik Pakan

Sistem Logistik Pakan (SLP) secara teknis terkait dengan bagaimana mendapatkan pakan yang tepat, pada waktu yang tepat, jumlah yang tepat, kondisi yang tepat dengan biaya terjangkau dan memberikan nilai tambah bagi semua pihak terkait. Kondisi ini tentu saja memerlukan jaminan ketersediaan secara kuantitas dan kualitas. FLPI bekerjasama dengan AINI melaksanakan kegiatan pelatihan sebagai bentuk sosialisasi dan edukasi terkait logistik pakan.

Pelatihan dilaksanakan selama dua hari pada tanggal 26-27 April 2019. Hari pertama pelatihan dilaksanakan di Fakultas Peternakan IPB yang dibuka oleh Dr.Rudi Afnan, S.Pt, M.Sc.Agr selaku Wakil Dekan. Kegiatan ini dihadiri oleh Prof.Luki Abdullah selaku Chairman FLPI dan Prof.Nahrowi selaku Ketua AINI. Pada sambutannya Prof Nahrowi selaku Ketua Umum AINI menyatakan bahwa substansi logistik pakan juga harus dilihat dari sisi manajemen ternak sehingga penggunaan pakan lebih efektif dan efisien sesuai dengan kondisi ternak oleh karena itu dibutuhkan manajemen dalam logistik pakan.

Materi pertama pelatihan disampaikan oleh Direktorat Pakan, Ditjen PKH diwakili oleh Diner Saragih, SE, MSE yang menyampaikan materi tentang kebijakan dan regulasi supply chain bahan pakan Indonesia. Materi kedua disampaikan oleh Istiadi selaku GM Feed Technology PT Charoen Pokphand Indonesia, Tbk mengenai manajemen logistik pakan yang dikupas secara lengkap mulai dari input,proses hingga output. Materi ketiga disampaikan oleh Dr.Ir. Heri Ahmad Sukria, M.Agr, Dosen Dept.INTP Fakultas Peternakan IPB mengenai sistem penyimpanan dan pergudangan pakan.

Pelatihan hari kedua berupa kunjungan ke Pabrik Pakan PT Charoen Pokphand Indonesia, Tbk di Balaraja-Tangerang. Kegiatan ini disambut hangat oleh pihak pabrik dan peserta penuh semangat dan antusias mengikuti diskusi hingga pukul 14.00 siang hari. Kegiatan pelatihan diikuti oleh 20 orang peserta dari berbagai kalangan (akademisi, bisnis, pemerintah dan komunitas), antara lain dari Dinas Peternakan Aceh, Dinas Pertanian Provinsi Bangka-Belitung, para pelaku usaha dari perusahaan logistik, peternak sapi dan unggas dari Kuningan, Lampung, BULOG, Universitas Al Azhar Kebayoran Baru, mahasiswa S2 logistik Peternakan Fapet IPB dan lainnya . Kegiatan pelatihan berjalan lancar dan sukses karena dukungan berbagai pihak, partisipasi peserta dan kerjasama media (Food Review, Livestock Review.com, Infovet dan Agro Pustaka).

Kategori: 

Partner