Today 28 °C
Tomorrow 32 °C
Saturday 30 °C

Error message

Notice: Undefined offset: 1 in counter_get_browser() (line 70 of /home/flpialin/public_html/sites/all/modules/counter/counter.lib.inc).

Konferensi Nasional FLPI 2018

Bogor, FLPI menyelenggarakan Konferensi Nasional yang bertema “Strengthening Network on Animal Logistics Industry “ di International IPB Convention Center (IICC) pada tanggal 29 Agustus 2018. Konferensi ini menjadi salah satu rangkaian International Seminar on Animal Industry (ISAI) ke-4 tanggal 28-30 Agustus 2018 yang diselenggarakan rutin tiga tahun sekali oleh Fakultas Peternakan IPB dan didukung oleh Netherlands Initiative for Capacity Development in Higher Education (NICHE). Konferensi ini dihadiri sekitar 200 orang yang terdiri dari akademisi, bisnis, pemerintah dan komunitas peternak. Prof.Luki Abdullah selaku Chairman FLPI menyatakan bahwa Konferensi Nasional FLPI diharapkan mampu mengakomodasi berbagai pemangku kepentingan untuk berkontribusi nyata dan manfaat bagi kemajuan logistik peternakan di Indonesia.

Pada konferensi ini, sambutan pembukaan disampaikan oleh  Prof Iskandar Zulkarnaen Siregar selaku Direktur Program Internasional IPB dan Nanya Burki selaku kepala Pengembangan dan Kerjasama NUFFIC NESO-Indonesia. Acara ini juga mengundang keynote speaker Zaldy Ilham Masita selaku Ketua Asosiasi Logistik Indonesia (ALI). Konferensi FLPI diselenggarakan satu hari yang terdiri dari tiga sesi. Sesi pertama membahas tentang logistik peternakan dalam perspektif nasional dan internasional dengan narasumber Prof Luki Abdullah dan Huub Mudde dari Maastricht School Management, Netherland. “Konferensi ini tidak hanya perspektif nasional tetapi juga internasional untuk menyelaraskan upaya para ahli logistik dalam meningkatkan keamanan dan distribusi produk hewani”, jelas Mudde.

Sesi kedua membahas tentang Rencana Penelitian dan Pengembangan Nasional. Para narasumber dalam sesi ini antara lain Direktorat Pangan danPertanian BAPPENAS serta Direktorat Penelitian dan Pengembangan Kemenristekdikti serta Juan Permata Adoe (KADIN). “Hal-hal yang akan didiskusikan lebih lanjut setelah konferensi ini yaitu terkait transportasi dan infrastruktur dalam logistik peternakan”, jelas Juan. Sesi ini dipandu oleh moderator Prof Senator Nur Bahagia akademisi ITB, pakar bidang logistik dan rantai pasok.

Sesi ketiga berupa sesi panel yang membahas tentang peluang bisnis logistik peternakan di Indonesia dengan narasumber dari Read Meat and Cattle- Indonesia-Australia Partnership, Frisian Flag Indonesia, Livestock Express Pte Ltd.Singapore (PT Vroon) dan inisiator Living Lab Logistics Netherland- Indonesia (LLNI). Sesi ini dipandu oleh moderator Dr. Rudi Afnan, Wakil Dekan Fakultas Peternakan IPB. Pada konferensi ini dilakukan  penandatanganan Mou antara FLPI  dengan Asosiasi Rantai Pendingin Indonesia (ARPI ) yang ditandangani langsung oleh Prof Luki Abdullah selaku Chairman FLPI  dan Hasanuddin Yasni selaku Ketua ARPI. Penandatanganan MoU ini bertujuan untuk meningkatkan kolaborasi dan sinergitas kedua lembaga dalam meningkatkan daya saing bangsa melalui tugas dan fungsi masing-masing pada aspek keselamatan dan keamanan produk peternakan, riset terapan dan akademik ,logistik dan rantai pasok, kebijakan sistem logistik, pengabdian kepada masyarakat dan layanan bisnis yang saling menguntungkan.

Kategori: 

Partner