Today 27 °C
Tomorrow 33 °C
Tuesday 34 °C

Error message

Notice: Undefined offset: 1 in counter_get_browser() (line 70 of /home/flpialin/public_html/sites/all/modules/counter/counter.lib.inc).

Focus Group Discussion (FGD) “Strategi Pengembangan Kompetensi Sdm Di Kapal Ternak Camara Nusantara”

Bogor, FLPI menyelenggarakan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) mengenai kompetensi SDM pada transportasi ternak dengan tema “Strategi Pengembangan Kompetensi SDM Di Kapal Ternak Camara Nusantara” di Hotel Papyrus Bogor pada Sabtu, 15 Juni 2019. FGD ini dihadiri sekitar 15 peserta yang terdiri dari para akademisi, pemerintah, bisnis dan komunitas terkait transportasi ternak menggunakan kapal ternak.

FGD ini diselenggarakan sebagai salah satu rangkaian dari kegiatan penelitian FLPI-Fapet IPB yang melibatkan akademisi, bisnis, pemerintah dan komunitas. Output yang diharapkan dari FGD ini adalah menghasilkan standar kompetensi kleder pada kapal ternak serta untuk pengisian kuisioner terkait pemilihan strategi untuk meningkatkan kompetensi kleder pada kapal ternak Camara Nusantara.

Kegiatan FGD ini dibuka langsung oleh Prof. Dr. Ir. Asnath M.Fuah, MS selaku Ketua Tim penelitian FLPI-Fapet IPB untuk topik SDM. Beliau memaparkan hasil penelitian yang telah dilakukan dan meminta validasi dan masukan dar pemangku kepentingan yang hadir terkait strategi pengembangan kompetensi kleder pada kapal ternak Camara Nusantara.  Pemaparan kedua dilakukan oleh Ir Harianto Budi (Direktur PT Lembu Jantan Perkasa) terkait keadaan transportasi ternak di Indonesia dan pentingnya pengembangan aspek SDM dalam mendukung kegiatan transportasi ternak menggunakan Kapal Ternak Camara Nusantara. Kegiatan FGD dilanjutkan dengan pemaparan dari Dr. Yunus Triyonggo tentang penggunaan metode pengambilan keputusan secara hirarki, yang dikenal dengan isitilah Analytical Hierarchy Process (AHP). Metode ini diterapkan pada penelitian dengan meminta pendapat para pakar yang hadir sebagai peserta FGD. Sesi ketiga pada FGD adalah pembahasan tentang draft awal  standar kompetensi kleder yang juga menjadi salah satu output penelitian ini. Pembahasan standar kompetensi kleder dipandu oleh Dr Yunus Triyonggo.

Kegiatan FGD melibatkan para peserta diskusi selaku pembahas yang terdiri dari Prof. Dr. Ir. Asnath M.Fuah, MS (Team Leader penelitian ALIN-FAPET IPB), Dr. Yunus Triyonggo (Tim peneliti FLPI), Ir. Harianto Budi (Tim Peneliti), Dr. Ir. Rudy Priyanto (Dosen Fapet IPB), Edit Lesa, S.pt, MSc (Dosen Fapet IPB), Ir. Tay Renggi, MM (Kepala Bidang Agribisnis, Dinas Peternakan Provinsi NTT), Daniel Para (Peternak-Pedagang Sapi NTT sekaligus mantan Kleder), drh. Puguh Wahyudi, M.Si (Kesrawan, Ditjen PKH Kementan RI), drh. Didis Hermawanda (Kapal Camara Nusantara 1, PT PELNI), Eddy Wijayanto Sapi Bagus (Sapi Bagus), Drh. Gunawan (Kepala R&D, PD Dharma Jaya), Syaiful  Anwar Manager (Div. Perdagangan PD. Dharmajaya), serta mahasiswa pascasarjana logistik peternakan IPB.

 

Kategori: 

Partner